Sepengggal kisah sang panglimaperang

Inilah sepenggal kisah dari sang Panglima Perang LBC tetang perjalanan panjang dalam memilih olahraga Menggowes…..

Diawali dari keinginan berolahraga yg menyenangkan, sementara, waktu utk berolah raga bagi seorang karyawan sangat sempit, sempat muncul keinginan membeli treadmil utk olahraga di rumah tapi setelah dipikir treadmil akan menjadi kegiatan olahraga yg monoton dan selain itu jg setelah lihat2 harganya ternyata mahal, ya terpaksa mengurungkan niat membeli treadmil, lalu pikiran beralih ke sepeda tapi waktu itu masih ragu karena sepedapun harganya mahal2, sampai ketika iseng2 buka majalah inomedia di penghujung 2007 ada foto salah satu karyawan LG yg sedang berpose dgn sepedahnya dan dari situ akhirnya semakin tertarik utk menjatuhkan pilihan olahraga yg asyik dgn bersepeda, lalu mulailah pencarian informasi segala sesuatu tentang sepeda, sama seperti kebanyakan nubie ketika melihat harga harga sepeda yg berjuta juta rasanya tidak masuk akal, dalam hati sepeda berjuta juta kan digowes juga tapmungkin karena memang sudah terlanjur senang dgn sepeda selanjutnya tiada hari tanpa mikir sepeda dan mencari cari sepeda yg harganya masuk budget kantong karyawan, setelah melihat2 harga sepeda yg kebanyakan tdk masuk budget dan setelah menimbang segala sesuatunya akhirnya menargetkan sepeda yg akan dibeli paling mahal harus di bawah 1.5jt tapi tidak jelek2 amat,, tapi bukan berarti utk menentukan target harga sepeda dengan harga di bawah 1.5jt itu mudah, karena utk menebus sepeda seharga itu tantangan terbesar ada dari pihak istri yg tidak setuju dana segitu dibelikan sepeda, tapi dgn keinginan kuat dicampur rayuan dan sedikit nekad tetap maju terus pantang mundur. Menjiplak kata kata motivasi dari LG, “ Jika ada keinginan pasti berhasil “, terus membulatkan tekad utk membeli sepeda dan setelah proses pencarian yg cukup melelahkan,, di akhir 2007 berhasil menebus Polygon Astroz standar seken yg dibeli dari seorang goweser di bekasi dgn harga yg masih masuk budget di bawah 1.5 yaitu 1.3jt. dan menurut selera nubie sperti sy jg tampilan nya tidak terlalu jelek….
1

Bahagia…? Itu sudah jelas, siapapun ketika berhasil menebus apa yg diinginkan pasti bahagia. Setelah memiliki sepeda, kemana mana utk jarak yg tdk terlalu jauh selalu menggunakan sepeda seperti ke warung, pasar, ATM, dll, sambil bersepeda sambil terus mempelajari ttg sepeda sedikit demi sedikit dan mengenal berbagai istilah dalam sepeda dari berbagai istilah itu ada satu yg paling membahayakan kantong yaitu istilah upgrade sepeda karena setelah mengenal istilah itu Astroz pun mengalami upgrade kecil2 an dimulai dari rem belakang yg tadinya V Brake ganti ke Disc Brake, Sadel ganti dgn merek Velo, selain itu Crank, Pedal, Seatpost, dan Ban jg mengalami pergantian yg sesuai selera.
Sejalan dgn waktu akhirnya bosan jg gowes sendiri utk jarak2 dekat, lalu seperti niat sebelumnya yg ingin bersepeda dgn sesama penggemar sepeda lalu mulai ajak teman di LG yg suka gowes jg utk jalan bareng dan mulailah gowes bareng dgn jarak yg sedikit jauh utk ukuran nubie alias orang yg baru bersepeda yaitu ke deltamas. Pertama tama gowes hanya berdua lalu diikuti oleh teman teman lain sesama penggemar sepeda dan setelah rute deltamas dirasa sudah kurang menarik karena sering dilalui lalu mencoba gowes ke yg lebih jauh lagi diantaranya ke Taman Buah Mekarsari.
2

Walaupun Astroz telah diupgrade beberapa partnya masih tetap terasa kurang terutama pada sektor groupset yg masih 21 speed sehingga memunculkan keinginan utk upgrade ke 27 speed, tapi setelah mencari cari informasi harga utk upgrade ke 27 speed ternyata butuh biaya yang tidak sedikit yaitu min 2jt an akhirnya setelah mempertimbangkan mahal dan repot nya kalau upgrade ke 27 speed juga memperhitungkan part seken yg 21 speed kemungkinan akan mubazir atau kalaupun dijual pasti harga nya tidak seberapa, akhirnya nya memutuskan sebaiknya dijual saja sepeda skr dan selanjutnya membeli sepeda yg sudah 27 speed jadi tidak perlu repot2 harus upgrade sendiri.
Pertengahan 2008 iseng2 Astroz yg sudah sedikit upgrade ditawarkan dan sukses terjual ke seorang goweser dari Depok, setelah sepeda berhasil ditukar dengan uang mulailah pencarian sepeda yg diinginkan, targetnya yaitu yg sudah 27 speed dan tdk lebih dari 3jt dan akhirnya dapat sepeda full suspension Patrol yg ditebus dari goweser Taman Mini seharga 3.1jt, meleset dari target sedikit memang tapi gpp…. ini dia tampilan si Patrol my 2nd bike.
patrol

Tapi yg namanya sudah keracunan virus upgrade memang susah dicari obatnya, begitupun dengan si Patrol yg baru ditebus, perasaan kurang sreg muncul dgn beberapa part yg terpasang sebelumnya, lalu Patrol pun mengalami sedikit pergantian part diantaranya Rim, Sadle, Grip ganti warna putih begitupun Fork direpaint dgn warna putih agar sewarna dgn Frame nya.
Lalu mulailah gowes dengan sepeda baru masih dgn rute langganan Deltamas dan sekali kali melalui jalur Off Road, dan pernah jg si patrol diajak menyusuri Bekasi dan Jonggol.
jonggoltrack

Setelah beberapa bulan menggunakan Patrol dan karena seringnya melalui jalur on road muncul lagi perasaan bosan menggunakan sepeda fulsus karena ternyata sepeda fulsus kurang nyaman digowesnya utk jalan on road apalagi yg banyak tanjakannya sepeda terasa lebih berat digowes. Sebenarnya ingin merakit sepeda kedua yg jenis HT utk gowes yg lebih banyak On Road agar terasa lebih ringan tapi karena keuangan terbatas dan tidak memungkinkan utk mempunyai 2 sepeda akhirnya di penghujung 2008 memutuskan utk menjual si Patrol yg kebetulan juga ada teman yg berminat dengan si Patrol dan Patrol yg juga sudah diupgrade beberapa part nya pun sukses terjual ke teman dekat.
Setelah Patrol terjual tidak lama kemudian berhasil menebus sepeda HT (Hard Tail) rakitan dari seorang goweser Cirebon, tapi lagi lagi hasrat upgrade tidak pernah luntur, begitu berhasil menebus my 3rd bike langsung upgrade beberapa part yg dirasa kurang sesuai dgn keinginan diantaranya di sektor kaki kaki karena bawaan sepeda nya rim tapak lebar spec off road coba ganti dgn Rim XDLite yg lebih kecil dan ringan, mengingat tiap kali gowes dgn teman teman di LG hampir selalu On Road, jari jari pake Black Stainless, Hub/Fhub Shimano M475, Ban Maxxis Crossmark 2.10 lalu Fork Launch ganti dengan XCR supaya lebih maknyuss, Crank Alivio dilepas digantikan oleh Crank Deore Hollowtech II supaya tampilan lebih Macho, Grip Mortop, Seatpost Zoom, Sprocket ganti baru, Rotor depan ganti pake Quad 8”, tambah cyclocomputer istilah speedometer buat sepeda utk mempercantik sepeda, adapun yg lainnya masih spec bawaan asal sepeda itu sendiri, Frame United Nuckleus, Stang Truvativ, Stem Zoom, Discbrake Bengal, Drivetain Deore, rencana selanjutnya ingin ganti Rem dan Frame warna hitam biar tampilan sepeda satu warna.
Ini my 3rd bike setelah upgrade
3rd-bike
Setelah berhasil menebus sepeda HT kegiatan selanjutnya masih sama seperti sebelumnya, kadang On Road kadang Off Road ringan masih dengan penghobby sepeda dari LG, yang membedakan kalau sekarang gowes on road, sepeda terasa jauh lebih ringan daripada gowes dgn sepeda Patrol sebelumnya
begayadisawh

Ternyata setelah gowes dgn sepeda saat inipun keinginan memiliki sepeda lain tetap ada dan saat ini masih bermimpi utk memiliki sepeda ke 2 untuk B2W dengan spec biasa dan sepeda ke 3 utk spec Off Road karena setelah beberapa bulan gowes dan sepeda terus diupgrade muncul perasaan sayang terhadap sepeda saat ini kalau dipakai utk segala kondisi/kegiatan seperti B2W, Off Road, & On Road apalagi utk B2W mengingat tempat parkir jg kena panas dan hujan, sayang sekali kalo sepeda yg sudah dirawat dielus dilap tiap hari harus dijemur dan kena hujan tiap hari di tempat parkir, begitupun kalau sekali sekali off road karena ketika dibawa Off Road sepeda disiksa habis2 an, kadang terbalik, nyungsep, diseret, dll. Berawal dari mimpi semoga bisa menjadi kenyataan.
Semoga …Semoga…. dan Semoga………….

Tinggalkan komentar